Senin, 26 Maret 2012

Mantan pemain dan pelatih Persib Bandung, Risnandar Soendoro ikut menyumbang saran tentang perjalanan Persib musim ini. Menurutnya, jika ingin memperbaiki posisi maka Persib harus mengganti pelatih kepala dengan yang lebih mempunyai karakter.

“Supaya meningkatkan permainan, Persib harus mengganti Drago Mamic. Ia harus diganti oleh pelatih yang berkarakter. Kalau sampe ga diganti, cilaka lah,” seru Risnandar di mes Persib, jalan Ahmad Yani, Bandung.

Ada dua alasan mengapa kinerja Drago Mamic musim ini kurang memuaskan di mata Risnandar. Yang pertama adalah kesalahannya dalam mengontrak Moses Sakyi. Penyerang kelahiran Ghana ini dinilai Risnandar jauh dari kualitas pemain terbaik yang selalu disebut-sebut oleh Mamic. Ia menambahkan, kehadiran Moses di tim Persib tidak memberikan dampak positif apapun terhadap prestasi tim.

Alasan kedua adalah, Risnandar melihat bahwa dalam permainannya, Persib tidak berhasil menampilkan permainan yang menjanjikan. Jika dilihat dari pertandingan ke pertandingan, Risnandar tidak dapat melihat perkembangan yang berarti dari hasil latihan Mamic selama putaran pertama.

“Menempatkan pemain ga pas, meraciknya ga pas. Pemain muda yang potensial ga ditampilkan,” ujarnya.

Risnandar memberi contoh Aliyudin dan Airlangga yang menurutnya mempunyai kemampuan bagus namun kerap dibangkucadangkan Mamic.

Karena strategi Mamic yang mudah dibaca lawan, Risnandar mengatakan bahwa putaran kedua akan menjadi lebih sulit buat Persib untuk meraih poin sebab mereka sudah tahu kelemahan permainan Persib.

“Yang main lawan persib, merepotkan semua. Mereka udah ngebaca strategi Persib. Kalau masih seperti begini, akan repot buat tim di putaran kedua nanti,” jelas pelatih Persib tahun 2006 ini.

Pelatih seperti apa yang dinilai Risnandar akan cocok untuk kondisi Persib saat ini? “Dia harus mengenal iklim kompetisi di Indonesia. Harus samain persepsi dengan elemen lainnya di dalam tim. Dan berani bongkar pemain muda,” jawab Risnandar tanpa menyebut nama.

0 komentar :

Posting Komentar