Selasa, 27 Maret 2012


HELLGODS di bentuk pada 16 September 1995 yang pada awalnya merupakan band session karena para personilnya merupakan gabungan dari beberapa band dengan formasi pertama :
  • Ade Black Wizard : Vox
  • Abu Black Ash : Guitars / vox
  • Loex’ Black Storm : Guitars /vox
  • Chex’ Barbarian : Bass
  • Agung Abyssia : Drums

Pada awalnya HELL GODS membawakan lagu-lagu dari The Abyss, Rotting Christ, Necromantia, Impaled Nazarene & Cradle Of Filth yang mana pada waktu itu band-band tersebut menjadi influence bagi musik mereka. Dengan konsep musik mereka Extreme Violence Black Metal, pada bulan November ’95 mereka mengeluarkan single pertamanya yang diberi titel Satanic Christians untuk mengisi sebuah acara Bedah Demo yang diselenggarakan oleh GMR Rock Station-Bandung dan single tersebut berhasil masuk nominasi 10 besar. Dengan perjalanan karir mereka yang cukup panjang, akhirnya mereka berhasil menelurkan album perdananya yang bertitle When The Forest Became My Kingdom yang berisikan 8 buah lagu dibawah label Nocturmoon Records yang dirilis pada bulan Juli ’97. Dalam album tersebut mereka memakai Add. Musician untuk mengisi female Voices yaitu Sisca Fransisca dari PRAETERMONSTRO, namun pada gigs yang mereka lakukan pada waktu itu untuk Female Voices mereka memakai Add. Musician lainnya yaitu Rini Vixen, Kiki Vempire dan Fransisca Ria Vamperotica yang mana mereka dipakai hanya untuk sementara waktu saja.
Pada bulan November ‘97 mereka mengeluarkan single terbarunya yang bertitel Kabut Keabadian untuk mengisi album kompilasi underground pertama yang dirilis secara major label di Indonesia yaitu Metalik Klinik oleh Musica Records dan pada waktu yang bersamaan, mereka memasukan dua buah lagunya yang diambil dari album perdananya yaitu The Blackness of The Night dan In The Battles of Barbarian War untuk mengisi kompilasi Black Metal pertama yaitu Blacker Than Darkness yang dirilis secara indipendent di Indonesia oleh sebuah organisasi musik Black Metal yaitu Black Mass “Blacker Than Darkness” Bandung. Perjalanan karir mereka waktu itu sangat menggebrak perkancahan scene Black Metal di Indonesia dan gaung popularitasnya terdengar sampai ke beberapa negara tetangga di Asia. Perkembangan karir mereka kian memuncak dengan banyaknya gigs yang mereka lakukan, namun keberadaan mereka yang solid mulai retak yang kemudian diguncang dengan pengunduran diri seorang personil mereka yaitu Abu Black Ass pada bulan Mei ’98. Untuk sementara waktu mereka berjalan dengan beranggotakan empat personil, yang pada akhirnya pada bulan Mei ’99 mereka merekrut seorang personil barunya yaitu Syam’s Dark Winter (Ex-AULL-R.I.P) untuk mengisi Bass yang mana posisi Guitar yang ditinggalkan oleh Abu Black Ass diisi oleh Chex’ Barbarian, maka formasi personil
  • Ade Black Wizard : Vox
  • Chex’ Barbarian : Guitars / vox
  • Loex’ Black Storm : Guitars /vox
  •  Syam’s Dark Winter : Bass
  • Agung Abyssia : Drums
Dengan formasi tersebut keberadaan mereka kembali solid dan dalam waktu bersamaan mereka sepakat merubah konsep musiknya menjadi Fast & Melodic Black Metal yang kemudian mereka kembali mengeluarkan single terbarunya yang bertitel Ahl Sohn Bar untuk mengisi album kompilasi Black Metal dari Extreme Soul Productions yaitu Neohellist pada bulan Maret ’00. Sejak dikeluarkannya single tersebut, mereka mengalami kevakuman yang cukup lama yang disebabkan oleh banyak hal hingga pada akhirnya pada bulan Mei ’02 tiga orang personilnya mengundurkan diri yaitu Chex’ Barbarian, Agung Abyssia dan Syam’s Dark Winter yang mana mereka mendapat penggantinya dengan merekrut kembali seorang mantan personil lamanya yaitu Abu Black Ash dan juga dua orang personil barunya yaitu Dedizzia Necrolord (UNSEEN DARKNESS) dan Hendra (Ex-MOTOR DEATH), maka dengan formasi yang keempat ini HELL GODS kini beranggotakan personil :
  • Ade Black Wizard : Vox
  • Abu Black Ash : Guitars / vox
  • Loex’ Black Storm : Guitars /vox
  • Dedizzia Necrolord : Bass
  • Hendra : Drums 

Pada bulan Agustus ’02 mereka kembali mengeluarkan single terbarunya yang bertitel I reach……The Eternity untuk dimasukkan ke dalam album terdahulunya When The Forest Became My Kingdom yang dirilis ulang oleh Prapatan Rebel di akhir tahun ’02. HELL GODS kembali menggetarkan perkancahan scene Black Metal dengan banyaknya kembali gigs yang mereka lakukan. Pada bulan Maret ’03 mereka kembali mengeluarkan single terbarunya yang bertitel Melebur Jiwa untuk mengisi album kompilasi Dark To Eternity yang dirilis oleh Darkness Earth Productions dan pada Desember ’03 mereka merekam sebuah lagu milik SEPULTURA yang bertitel Troops Of Doom kedalam versi mereka untuk mengisi album kompilasi Sepultribe “A Tribute To Sepultura” yang dirilis oleh Insane Dreams Productions & Brisik Distro
Setelah vakum beberapa lama, Hellgods kembali menggebrak dengan konsep The blackened rebirth di akhir tahun 2009 lalu dengan formasi :
  • Ade Black Wizard : Vox
  • Abu Black Ash : Guitars / vox
  • Loex’ Black Storm : Guitars /vox
  • Dedizzia Necrolord : Bass
  • Hariz da Grinder : Drums
Namun karena kesibukan pekerjaan yang menuntut konsentrasi penuh, Ade mengundurkan diri tepat sebelum launching kembalinya Hellgods di kancah musik blackmetal tanah air di The Rock CafĂ© akhir 2009 lalu.  Abu Blackened Ash akhirnya memutuskan diriuntuk menjadi vokalis dan akhirnya Hellgods tampil dengan konsep Electronics – blackmetal.Di awal tahun 2010 konsep electronics blackmetal sedikit demi sedikit ditinggalkan oleh Hellgods ,dan kembali ke khitahnya dengan konsep Black Metal tampil di beberapa acara, dan sempat juga diisi oleh kembalinya Ade Black Wizard di posisi vokalis ketika tampil di acara Bandung Territory di Lembang.
Mundurnya Loex Damien dari posisi gitaris Hellgods di pertengahan tahun 2010,membuat Hellgods menggamit dua gitaris baru untuk mengisi kekosongan tersebut, yaitu Abah ‘alltime crew’ Desecrator dan Igor Nazaroth dari Divine Blackness juga Reyza Unseen untuk mengisi jadwal show yang menanti di depan mata, termasuk sebagai opening MARDUK,salah satu gods of darkness di kancah blackmetal dunia .
Awal tahun 2011, Abah Desecrator memutuskan untuk mengundurkan diri untuk berkonsentrasi di sisi managerial Hellgods sedangkan Igor Nazaroth kembali ke Divine Blackness. Sehingga Hellgods kembali mencari gitaris untuk mengisi kekosongan ini. Akhirnya JP dari Mortified bergabung untuk mengisi kekosongan tersebut.
HELLGODS 2011 Formation
  • Abu Blackened Ash : Vox / Guitars
  • JP ‘Mortified’ : Guitars
  • Dedy Abyssia : Bass / Vox
  • Hariz Da Grinder : Drums , Percussion
  • Reyza Unseen : keyboards

1 komentar :