Rabu, 01 Mei 2013


“Zia,, Zia tunggu donk, cepet bangat si lo kaya mao ngambil sembako”
    “ emang gw mao ngambil sembako, mang lo ga dapet kuponnya?” jawab Zia sekenanya.
Cewe manis yang terbungkus seragam putih abu-abu itu, memang sedang buru-buru bangat. Dan suara cempreng yang memanggil tadi adalah Riri, ya sama ma Zia, riri juga cewek yang terlahir dengan muka yang manis. Namun tak semanis daya pikirnya. Cewek asal Bandung itu memang terkadang TELMI (telat minum) hehhe. Mereka dah jadi sahabat dari pas seragam mereka bekelir warna biru-putih, jadi boleh dibilang mereka dah kaya ade kaka. Saking akrabnya dengan keluarga Zia, Riri jadi dianggap pembantu sendiri. banyak hal yang sudah mereka lakukan mulai dari ngejar layangan bareng, berenang di kala banjir, kesasar bareng, nyolong rambutan tetengga bareng pokonya banyak deh, ya tapi dengan begitu diantara mereka kini timbul chemistry yang luar biasa.
    “ eh cumi, tungguin donk, ngapa si lu buru-buru bangat bel masuk juga masi 15 lagi” ucap Riri yang kini sudah berhasil mengejar Zia di koridor kelas.
    “ mau tau bangat apah mau tau sangat” tukas Zia
    “ ye,, pilihan lo gg ada bedanya tuh”...
    “ hehehhe lagian lo kepo bangat si jadi orang, “ ucap zia sambil tetap jalan dengan speed yang cepet.
    “ ya gw sebagai sahabat yang peduli, mesti tau donk”
    “ lo beneran mau tau, napa gw jalan buru-buru, ini dia yang bikin w jadi cepet-cepet” Zia, seraya menaruh tas mungilnya di bangku paling belakang.
    “ idihh amit-amit deh,, kaya orang primitive deh”
    “ ye,, jangan asal ngomong lo,, ini bangku kramat tau, lo lupa kita bakal ada ulangan Fisika dan lo tau kan siapa gurunya” ucap Zia berap-api setelah mendengar kata-kata primitiv
    “ oh... iya ya, gw lupa Zi, ydah gw duduk di sebelah lo ya?”
    “ yaudeh, maknya jangan banyak cincong lo”
Yang dilakukan Zia memanhg sebenarnya tidak berlebihan sebab hari ini memang ada ulangan fisika yang susehnye naujubilah dah. Di tambah dengan guru yang super killer dan ga bisa diajak nego nilai sama sekali. Semalem Zia si sempet belajar tapi doi takut yang di pelajarin gg kluar di ulangan kali ini. Ya sebab guru2 zaman sekarang kan suka bikin surprise. Makanya dia nekat duduk di bsrisan paling belakang biar semua serba mudah hehe. Limas menit berlalu, bel tanda masuk berbunyi saingan ma bel tukang es krim. Anak-anak yang datang rada telat kini berlari berhamburanke kelas masing-masing. Ga lupa guru BK yang rese menahan anak-anak yang bajunya di kluarin atau anak2 yang pake sepatu brwarna.
    “ heii kamu, sini dulu baju kamu belum rapi” Ucup yang kebetulan dateng kesiangan kena razia baju.
    “ mau jadi preman kamu hah” hardik  guru BK sambil mencubit hidung Ucup.
    “oh ga pak, saya ga niatan jadi preman saya kalo sudah lulus mau jadi guru BK kaya bapak” ucap Ucup.
Begitulah adat guru BK yang lagi piket selalu ada saja yang di perkarakan, menyebalkan memang tapi tetep tujuannya baik ko. Terlepas dari itusemua kini anak2 kelas x2 suah duduk manis menunggu Bu  Lina sang guru fisika membagikan kertas ulangan keparat itu.
    “ ya untuk ulangan kali ini saya berharap pada kalian semua untuk tidak mencontek atau ngebet bku paket, karena ulangan kali ini saya jadikan sebagai patokan sampai maa kemampuan kalian menanggapi pelajaran saya” ucap bu Lina pada muridnya. Sementara Zia yang sudah mempersipkan contekan di kolong meja jadi jiper juga mendengar wejangan dari bu Lina.
    “ mampus kita Ri” ucap Zia pada Riri denagan nada pelan.
Tapi sayang Bu Lina terlalu peka untuk mendengar celotehan pelan dari mulut kecil Zia.
    “ ya Zia kenapa, keberatan dengan peraturan ibu?” ucap Bu Lina sambil membagikan kertas ulangan.
    “ oh ga ko bu. Ga ada yang berat ko” ucap Zia sedikit kaget.
    “ lagian kamu ko tumben duduk barisan belakang biasanya kamu kan duduk di depan, malah pernah sampai di lantai depan” HAHAHHAHA tawa anak-anak berbarengan.
    “ oh ga ko bu, saya lagi pengen cari suasana baru ajah”
Ulangan berjalan begitu sunyi gag da yang berani bersuara. Semut ajah pada enggan lewat. Bu Lina begitu serius mengawasi anak muridnya. Dan sampai puncaknya beliau duduk tenang di barisan belakang tepatnya deket bangku Zia dan Riri. Zia mengkerut dari sepuluh soal Cuma lima biji yang dya bisa. Sedadng Riri wasalam anak itu terlalu sering membuang waktu dengan pura-pura sedang mikir. Waktu terus berjalan sumpah bu Lina kayanya tau dengan niat Zia dan Riri. Alhasil mereka berdua ga bisa berkutik sampai waktu ulangan benar-benar usai.     “ Ancur..,. ancur.... pasti ancur nlai ulngan gw” sembur Zia kala waktu istirhat.
    “ parah bangat mang tuh si guru ngiler” Riri menimpali
Zia bener-bener ketakutan sebab maami sudah mewanti-wanti harus dapet nilai bagus. Minggu kemarin dia dapet nilai delapan ketawa alias tiga. Ga tau kenapa sejak ikutan lomba penulis naskah scenario flm FTV doi jadi sibuk bngat. Awalnya si dia Cuma iseng ngirimin cerita ke salah satu production house yang lagi ngadain acara lomba naskah cerita flm FTV “OLALA PRODUCTION” nama PH yang cukup terkenal kala itu. Lalu cerita Zia terpilih sebagai juara pertamanya. Dan mulai minggu kemarin sang produser minta dia untuk merincikan naskah agar dapat di buat flmnya. Alhasil Zia disibukan tiga hari tiga malem ia mengurung diri dikamar tentunya bukan yntuk belajar melainkan ngarang cerita flm tersebut. Judulnya flmya ajah udah bikin penasaran “BERENANG DI KOLAM RENANG TETANGGA” sedih deh flmya sesuai judulnya hehehe. Tapi lumayan sekarang dia jadi punya penghasilan sendiri tanpa harus meminta pada Mami dan Papinya yang selalu tega ga memberi uang padahal Zia dah pake nangis Bombay sekalipun. Tapi konsekuensinya Zia jadi sering monda-mandir ke OLALA PRODUCTION.
  Dan bener saja ketakutan itu memang terealisasikan sebab pas pulang sekolah Zia langsung dipanggil oleh Bu Lina. Dia dapet teguran habis karena merosotnya nilai ulangannya. Khusus ulangan Zia sudah di koreksi duluan oleh bu Lina dan hasilnya dapet nilai empat dari lima soal yang behasil dijawab. Dan hal yang membuat dia shock hasil ulangan itu harus di tanda tangani oleh Mami tercintanya. Ini berarti Zia dalam marabahaya level sepuluh.
                                                                            ****
    “ What,, dapet empat memalukan kamu Zia” ucap Mami dengan nada kaget setelah Zia memberikan hasil ulangannya.
    “ santai Mi, niali ini bukan akhir dari segalanya ko” ucap Zia santai sehabis menenggak aer sebotol dari kulkas.
        “ jangan gila kamu zi,, ini dah ga beres semenjak kamu jadi freelance di OPAPA PRODUCTION nilai kamu jadi merosot”
        “ OLALA mi...” ralat Zia.
Dan di sela percakapan panas itu terdengar suara mobil kijang butut Papi.
        “ pap, coba liat ini hasil kerja putrid semata wayangmu ini”
Papi yang baru pulang kaget juga melihat nilai yang terpampang di selembar kertas itu.
    “ yaampun Zia,, nilaimu ko bisa sama dengan nilai ulangan Mamimu 20 tahun yamg lalu” ucap papi.
Zia langsung cekikian ngedenger ucapan Ppinya. “ eh papi jangan ngaco ya,, mami ga pernah dapet nilai sejelek ini, emangnya papi ulangan gambar ajah remedial segala” bales Mami. Kedua makhluk ini memang sering berselisish kalo sudah ngomongin masa lalunya. Ya jarang2 donk ada orang mau mengakui aib masa lalunya, telebih didepan anaknya.
    “ pokonya papi mesti ambil tindakan tegas,, ni masalah besar pi mami gg mau anak kita jadi keasikan nyari duit sementara belajarnya jadi ketinggalan” sembur mami. papi yang sedang duduk di kursi sambil melepas kaos kaki yang kummel, memperhatikan Zia secara serius.
    “ Zi,, sini nak papi mau bicara”
Zia rada jiper juga, takut papi ngelarang Zia jadi penulis cerita dan nyuruh banting setir jadi tukang sayur ajah.
    “ papi perhatiin kamu, sekarang jarang kumpul ma kita, sibuk bgt ya?? Udah gitu kamu kurusan pula”
    “ masa si pih? Tapi Zia tetep manis kan Pi??” Zia coba menetralisir.
    “ tuh liat pih,, ditanya yang bener malah kecentilan gitu” serobot Mami.
    “ prĂ©cis kamu dulu ya mi.. coba nak jelaskan ke papi”
Zia pun menjelaskan semua, mulai dari ia kepilih sebagai pemenang lomba nulis cerita ampe kejadian tadi pas pulang sekolah ada supir angkot yang berani ber suit-suit padanya.
    “ ini Cuma masalah waktu kok pih, mih.. Zia Cuma btuh waktu antara kerja ma sekolah”
    “ iya tapi kamu kan masi sekolah,, kaya orang kkurangan uang ajah” mamih ikut bicara.
    “ ini bukan masalah uang mih, Zia Cuma mau mengeksplor bakat ajah, banyak sarjana yang     pada akhirnya Cuma jadi pengangguran, ingat mih sekola Cuma ngajarin kita wat pinter bukan     bisa kerja, trkadang orang ada yang pinter Cuma teori ajah pas di suruh prakteknya gabisa     Cuma bisa nyengir deh.. Zia gg mau yang kaya gitu Zia mau yang dua2nya bakat ada, otak juga     terisi     materi yang real.” Air mata zia mulai meleleh..
    “ tetap mami gg setuju,, kamu masi terlalu muda dalam hal ini, kamu masi sekola Zi, masi     kelas satu ESEMA”
    “ gini, Zi yang dibiang Mamimu gg sepenuhya salah, tapi gg sepenuhya benar juga. Papi senang kamu bisa cari uang sendiri itu artinya mengurangi pengeluaran Papi donk.. Tpi kamu juga harus bisa membagi perhatianmu ke sekolah,, inget loh kamu ini papi besarkan untuk menjadi  anak yang berbakti maka dari itu kamu papi sekolahin” ucap papi.  
    “iya Zia ngerti kok, pih tadi juga Zia sudah minta deadlinenya agak diundur beberapa hari kedepan dan akhirnya mereka juga ngerti kok” ucap Zia sedikit lebih tenang
    “ yaudah maasalah ini Papi anggapa selesai, yang penting papi gg mau lagi nilai empat di ulanganmu ok anak manis”  
    “ ok,, iam promise dad” Jawab Zia mantap.
                                                                                       ***
    Siang hari itu mami sedang melototin TV yang sebenarnya gg da acara yang rame, sampai akhirnya ada flm FTV yang berjudul “BERENANG DI KOLAM RENAG TETANGGA” ada nama VERNIZIA PUTRI sebagai penulis scenario. Mami kaget, ada air mata haru setelah menyaksikan fl mini. Ga nyangka anaknya bisa ikut terlibat di acara yang lagi ngetrend. Bukan sebagai artis atau figuran tapi dia lebih memilih sebagai penulis. Otak dari film ini, jarang loh anak seusia Zia lebih memilih bagian ini. Biasanya kan anak seumuran Zia lebih suka ngocol di layar kaca, ikut casting sana- sini bahkan ada yang ampe jual diri ke para produser padahal perannya Cuma jadi pembantu doangan, mending nongolnya lama, yang penting nongol di TV ih mait-amit deh....
    Inilah Zia cewek yang ga pernah mau berlindung dibalik GENDER ajah. Dia ga mau di bilang lemah meski dia berkelamin waniita yang notabennya selalu dibawah pria. Dia juga ga seratus persen memgang teguh prinsip emansiapasi wanita. Menurut dia ada yang bisa dikerjakan sendiri ya lebih baik di kerjain sendiri, jangan mudah bilang “ gw ga bisa” usaha dulu ampe mentok. Dia selalu inget kata orang tua dulu.
    “ringan sama di jinjing, berat ya suruh kuli ajah” hehhe
Intinya gini, sebagai wanita jangan mau donk gampang dikadalin ma cowo2, kita harus pinter-pinter. Tapi tetap menyadari kodrat kita sebagai wanita, mentang-mentang lagi musim emansipasi wanita lantas kita bersikap jadi kaya cowok, engga gitu. Tetap hargai cowok sebagaimana harusnya, biar gimana pun ADAM terlahir lebih dulu dari pada HAWA. Cari deh filosofinya sendiri saya rasa kalian dah pada bisa mengartikannya kalian kan dah pada gede, BANGKOTAN malah hehhe.

Penulis : Ilham Lupus Saputra

Rabu, 20 Maret 2013

INI LOH SI GUGUN!!!!
Di pagi yang seccerah itu sudah terlihat tanda-tanda kehidupan di rumah sederhana itu. Matahari mulai menampakan sinarnya dengan sedikit malu-malu. Ayam berkokok nyaring sekali, ada rasa ingin mempercepat bangunnya yang empunya rumah tersebut. Kuruuuuyuukkkk... kalau di translate jadi “ woy bangggunnnnn donkkkk” hehehe ada ada saja memang. Dan yang punya rumah ternyata cukup tau diri ko, “ ya saya sudah bangun kok, gg usah jutek gitu donk banguninnya” ucap Gugun dengan sedikit jengkel.

    Dan seperti di pagi biasanya anak manis ini selalu ribut, coba perhatikan ini.
            “mami,,, handuk saya mana?”
        “cari donk pake hidung kamu yang pesek,, eh salah pake mata kamu yang belo” heheh ucap mami yang sedang khusyu’ mendengarkan ceramah di RAS FM. Ya begitulah awal dari percakapan mereka yang menandakan kalo keluarga ini memang sudah siap mengarungi hari baru mereka. Di rumah sebenarnya bukan ada Gugun dan maminya saja, di situ ada nenek ibu dari maminya Gugun, ada om adik dari maminya Gugun dan istri om adik dari maminya Gugun, nah susah kan bacanya. Ada juga tetangga Gugun, yang ini gg usah di kenalin orangnya gg begitu kece, malah mukanya out of date bangat dah hahahhaha. Dia punya nama yang bagus deh,, SOBARI bagus kan,, tapi karna do’I gg enak di liat jadi orang-orang sepakat manggil dia KUPE’. Dia anak tunggal dari ibu bapaknya (ialah masa anak tetangganya hehehe). Oya sedang papinya Gugun ada tapi gg disini, melainkan di surga sana. Papi sudah di panggil Tuhan sejak Gugun masi kecil, tinggal mami yang usaha ngebesarin Gugun mpe gede. Tapi mereka gg pernah sedih dengan keadaan seperti itu. Sebab suatu masalah itu akan terasa bagaimana kita menanggapi masalah tersebut, kalo kita terus larut dalam kesedihan pasti kita akan terus sedih. Dan sebaliknya kalo kita bisa lebih santai dalam menghadapi masalah pasti pikiran yang akan timbul di otak kita juga pasti pikiran pikiran yang lebih bijak ya ga???

    Dan hidup Gugun kini memang bisa di bilang sangat sederhana, selain Gugun harus pinter pinter cari uang tambahan, Mami juga harus banting tulang( padahal udah ad tulisan jangan diabanting loh.. hehehehe) Mami harus jadi oraang tua yang multi talent. Dan mami demi memenuhi kebutuhan keluarga, ia pun rela mencoba segala bisnis, mulai dai bisnis cake sampe jualan baju yang lebih senang disebut buka butik( padahal mah dagangannnya Cuma daster hehehe) biar keren kali ye.....
Dan nenek Gugun memang sengaja tinggal dengan mereka sebab nenek sudah tua dan harus ada yang memperhatikan, kalo om hendi omnya Gugun Cuma numpang sementara sebab rumah yang ia tempati sekarang sedang di renovasi.
    Gugun sendiri sekarang duduk di bangku sekolah menengah atas, tepatnya kelas SATU ESEMA hehehe. Anaknya gokil deh, sukanya tuh ngelawak mulu, walau terlihat gg serius tapi tetep manis ko(gg nyambung ya) hehehe. Di sekolahnya Di SMA Nusa Bangsa dia lumayan terkenal loh, coba ajah Tanya ma tukang jajanan dikantin pasti pada kenal, soalnya tuh anak hobi ngutang si hehehe alesannya si lupa bayar. Disini kita akan kenalan sama Gugun, eit tapi bukan Gugun ajah yang patut kita kenal ada yang lainnya juga ko, sebut saja; Kiplih, Ncek, Jaki, Ulan, Uwi, Dika, Armand, Nisa, Anjar, Wati, Romelah, Rodimeh, Rohilah eit eit maaf kelebihan Romelah, Rodimeh, Rohilah mah nama ibu ibu pengajian didaerah Gugun hehehhe. Yaudah kita langsung ajah yuk...


              


                                                              MOS Masa Orientasi Siswa

    Halo anak manis,, kalian pasti tau kan  apa itu MOS itu loh yang buat nyimpen air panas hehehe itu mah TERMOS atuh. Ya MOS memang acara rutin yang selalu diadakan waktu kita baru masuk sekolah
Ya sekarang Gunawan atau Gugun sedang dihadapi acara yang paling membosankan sedunia. Y a acara ini memang sangat menjenuhkan, ni acara banyakan menyimpangnya. Banyak dari senior yang Cuma nampang, cari muka, sok wibawa padahal mah setelah MOS selesai tetep ajah kita siswa yang biasa ga ada istimewanya. Gimana mau istimewa wong yang di kasih tau Cuma gombalan semua.

    Pagi itu anak-anak sudah pada berdatangan, hari ini hari pertama MOS jadi belom disuruh bawa apa-apaan jadi masi kaya biasa. Gugun sudah dateng dari pagi bangat. Ya do’i ga mau cari gara gara ma kaka kelas yang rese-rese. Dan waktu ia berjalan menuju MADING demi ngeliat namanya masuk klas mana, ketika itu ia iseng membuang pandangannya dan ternyata pandangannya jatuh pada sesosok makhluk yang ..... yang apa ya duh gg enak ngomongya. Coba bayangin deh penampilannya gila kaos kakinya warna kuning gg matching bangat ma kulitnya hehehe, sepatu warior udah gitu sepatunya debel bangat. Kalian gg tau debel ya? Itu loh belok penuh lumpur gitu deh. Dan Gugun geli sendiri ngeliatnya. Dan dengan menahan tawa ia mendekati anak tersebut.
        “ hii boleh donkk saya kenalan” ucap Gugun pada anak tsb.
        “ eh.. boleh lah,, nama saya Kiplih” ucap anak itu.
        “ saya Gunawan, panggil ajah Gugun, eh penampian lo ko ok bangat si,, lo anak komplek ya? Tanya Gugun dengan menahan tawa.
    “ ah lo bisa ajah deh,, mang keren apanya si? Dari tadi cwek cwek jga pada ngeliatin gw loh..”
    “ ia lo kalo dari jauh gg kliatan ada orang, yang keliatan Cuma kaos kaki lo doang yang kuning saingan ma gigi kamu hehehhe jangan marah anggap ajah gg bercanda ya”
Kiplih Cuma masem masem di ledek gitu ma Gugun. Dan ketika Kipli ingin menjitak pala Gugun ada seseorang cewek yang datang dengan muka panik. Dan bertanya kepada Kipli.
        “ mas, mas toilet dimana ya?” Tanya cewe itu.
        “ loh,, saya ga tau tuh, saya juga lagi bingung cari kelas ni” jawab Kiplih.
        “ Loh kamu anak baru juga? Saya pikir tukang PEL SEKOLAH!! Ucap cewek itu polos.
        WKWKWKKWKWKWK dengan seketika tawa Gugun meledak. Jadi mereka dari tadi ngeliatin kamu karna dikira tukang pel sekolah SABAR....

    Dan Kiplih  ternyata orangnya gokil juga  jadi cocoklah klo ktemu sama si Gugun. Dan merekapun telah berakrab akrab ria, datengalah Dika, Joko, Jaki mereka jadi satu kelompok. Dan Gugun jadi ketua Kelompok. Semenit dua menit berlalu dan PLAKKK Kiplih pun kena tabok kakak kelas karena ketahuan godain siswi laen kelompok.
        “ hei kamu kok genit bangat si??? Kaya yang kece ajah” hardik kakak kelas yang rambutnya di kuncir kuda. Kiplih pun kicep, bagai kucing disiram kuah bakso. Waktu terus berjalan sampai anak-anak pada kaya korban PKI, gila kakak kelasnya pada sepak-sepak bangat, ga cwe ga cwo lagunya dah kaya pelatih satpam laker ajah, dikit-dikit maen tabok, maen setrab, maen tak umpet hehehhe. Pokonya nyebelin bangat deh. Dan anehnya mereka gg canggung klo mau nyuruh, kaya kiplih yang dapet tugas nyabutin uban sang mentor tapi tangannya harus pake sarung tinju hehehe ampe tua juga gg bakal kena tuh uban. Kalo Gugun si masi merasa beruntung, ya setidaknya kalo di banding anak anak yang lain. Gimana ga, setiap lagi di suruh push-up tiba tiba dia dipanggil ke ruang OSIS maklumlah dia kan ketua, dan yang paling enak lagi disamping kelompoknya Gugun ada ketua kelompok juga yang manis, otomatis mereka jadi saling kenal bahkan akrab lagi, namanya Icha. Dan nampaknya penyiksaan hari ini bakal berakhir, sebab Gugun dan ketua kelompok lainnya sudah selesai membacakan hasil breafing tentang apa sajah yang harus di bawa untuk esok harinya.
    “ Gugun si, enak saban mao disuruh push-up pasti dia ngacir ke ruang osis” keluh kiplih pada joko.
    “ ya nanmanya juga ketua plih, kamu juga bisa klo mau jadi ketua” jawab Joko dengan males.
    “ ketua paan jok?” Kiplih jadi semangat.
    “ KETUAAN” hehehhe
                        ***

    Dan pada malem harinya semua siswa NUSA BANGSA disibukan dengan hal cari mencari benda benda aneh. Bayangin ajah dengan kejam para mentor itu nyuruh bawa makanan yang dah ga beredar di abad sekarang kaya, kue sagon, kue geplak, akar kelapa nah susah kan nyarinya. Belum lagi peralatan yang laen kaya sapu ijuk, bola plastik yang mesti dibelah dua, kaos kaki warna warni, jepitan jemuran, name tag dari kardus wah pokonya repot deh. Dan mala mini Gugun sedang sibuk nyari semua itu malah besok sekolahnya ga boleh naek ojek atau bawa kendaraan sendiri lagi, bayangin malunya kaya gimana coba.
        “ mi, bantuin Gugun donk” pinta Gugun pada maminya.
        “ bantuin apa gun? Mami juga repot lagi ngaduk adonan kue ni” ucap mami yang memang lagi repot.
        “ duh ini mi,, nyiapin wat MOS besok, Gugun bingung ni”
        “ oh TERMOS, itu ada di atas buffet”
        “ bukan termos mi, tapi MOS masa orientasi siswa mamiiii”
        “ oh MOS , bilang donk, memang kamu disuruh bawa apa?”
        “ itu loh mi, saya disuruh cari kue sagon ma kue geplak"
Nenek yang dengerin  percakapan dua makhluk aneh tsb jadi geli sendiri dan akhirnya ikut berkomentar.
        “ aduhhh skolah baru kamu ada ada saja si Gun” komentar nenek.
        “ ia nek, coba harus nyari dimana tuh kue”
        “ kayanya dikampung sebelah ada deh gun, di warung haji Somad”
        “ loh bukannya haji somad sudah almarhum nek”
        “ hus ngaco kamu, sudah cepat cari sana sebelum dia jadi almarhum eit salah maksudnya sebelum warungnya tutup” hehehe.
Tanpa ba bi bu be lagi Gugun langsung ngacir ke warung haji somad. Dan bener saja disana memang masi ada kue yang begituan, maklum h.somad kan orang betawi asli dan lengkaplah sudah barang yang harus dibawa untuk MOS besok.
                    ***
    Pagi hari sudah tiba lagi, ayam berkokok lagi dengan maksud dan tujuan yang sama, tapi kali ini ayam ayam itu tak perlu bekerja keras untuk membangunkan majikannya sebab dari jam 5 subuh tuh anak dah bangun dengan muka yang sumigrah. Yups  Gugun memang udah niat bangat bangun ebih awal biar gg telat dia males klo harus telat dan berurusan sama mentor yang gg berprikemanusiaan itu.
Gugun sudah selesai mandi dan sholat, sedang mami sibuk dengan menyiapkan sarapan untuk keluarga, sedang Nenek masi di kamar biasanya beliau masi membaca Al-qur’an duh rajin ya...
Gugun sekali lagi ngecek barang bawaannya dan ternyata sudah lengkap. Sarapan juga sudah siap, semua sudah kumppul di meja makan siap melahap nasi goreng buatan Mami. Selesai sarapan Gugun sudah siap berangkat ke sekolah. Tidak lupa pamit dengan nenek dan maminya.
    “ mi Gugun jalan dulu ya” ucap Gugun seraya mengecup tangan Mami
    “ ia gun, kamu hati-hati ya”
    “ mami doain Gugun ya, supaya jadi anak yang berbakti. Mami mengangguk ada setitik air mata haru pada mami, kamu sudah besar ya
        Dan benar saja sesampai di sekolah anak anak sudah pada datang, diantara mereka sudah pada terlihat kaya ondel ondel, apa lagi si kiplih bisa dibilang seperti orang gila.
Dan bener saja juga hari ini hari dimulai pembantaian yang sesungguhnya. Padahal masi pagi tapi para mentor itu sudah dengan kejamnya menyuruh semua siswa untuk berlari ria alesannya biar seger. Seger mata lu, yang ada keringetan ia, kan sayang parfumenye bisa kucel lagi dan bisa gg laku donk dagangan kita. Dan kelompok Gugun yang teridri dari beberapa cowok manis eit ga semua manis deng, ada dua makhluk yang gg begitu sedap di pandang ya Kiplih ma Joko memang kurang sedap dipandang, mereka semua pada ber hos hah hos hah karena abis lari bukannya disuruh ngaso tapi malah dipaksa psh-up. Matahari kini sudah menerangi dunia dengan sinar yang amat sangat panas membuat semua siswa merasa nambah sengsara. Sementara para mentor tak ada henti hentinya menyuruh siswa push-up, seperti dua mentor yang menangani kelompok Gugun, Pajrin dan Yunita kalo Pajrin ini punya cirri-ciri rambut kriting, kumisan dikit ma jenggot yang numbuh Cuma tiga lembar, sedang Yunita anaknya manis deh tapi juteknya itu loh, sering kali Kiplih kena setrab karena kekonyolannya sendiri. Seperti di saat itu, saat semua anak sedang push-up, Kiplih malah dengan PD nya bersiul siul kearah Yunita tanda kalo Kiplih sedang menggoda Yunita yang jutek itu.
    “ Eh kampret, ngpain kamu siul siul gitu?” hardik Yunita.
Dan endingnya pasti tragic ending sebab abis itu KIplih disuruh lari 20 kali puteran. Sedang Gugun dan anak yang lain sekarang dapat bernapas lega,  sebab sekarang sudah jam istrahat. Gugun and the gank langsung cabut ke kantin.
    “ gile, tenggorongkan gw ampe kering disiksa ma mentor jutek itu” ucap Dika
    “ ia Dik, gw juga empet bgt ma tuh orang, lama-lama gw pacarin juga tuh mentor” timpal Joko seraya menyeruput es teh’a.
    “ alah laga lu Jok segala mau macarin mentor! Mentor mana yang mau lu pacarin? Pajrin Hah!     noh lu liat si Kiplih godain Yunita ampe sekarang masi di siksa ma mentor jutek itu, kamu mau ky dia” Gugun ikut menimpali. Dan di komentar begitu Joko kicep. Memang boleh dibilang MOS itu Cuma ajang pencarian muka kakak kelas kita, mending kalo mukanya kece nah ini model kaya Pajrin aja pake segala bergaya. Bayangin setiap ank baru harus memanggil kakak nah klo lagi lupa langsung kena hukum, nah apa hayo namanya klo bukan cari muka. Terkadang mereka sengaja memanfaatkan kekuasaan seenak-enaknya, contoh si Pajrin waktu lagi ngoceh-ngoceh gg jelas di klompok Gugun, terus ada anak cewe di sebelah klompok Gugun ngeliatin dengan herannya, lalu Pajrin ngoceh gini ke cewe itu.
    “ apa liat-liat, naksir ya?” dihh gag nyambung bangat kan, jangan maen tuduh ah...
        Pokonya memang mereka manusia paling nyebelin pada saat ini. Wakt terus berjalan sampai pada akhirnya waktu jualah yang menyelamatkan mereka dari mega bencana itu. Hampir semua anak pada suntuk semua, mereka pada kecapean semua. Jangankan bercanda, senyum ajah mereka males badan padi sakit semua cing. Apalagi Gugun, do’i sempet mencak mencak sendiri akan kelakuan Tanya kakak kelas yang sangat kejam itu. Hampir semua badan terasa sakit. Sampai dirumah Gugun tetap tak banyak bicara. Pulang hari sudah sore bangsa jam tigaan dah.
                    ***
    “Alhamdulillah” ucapan syukur yang diucapkan serentak oleh anak-anak NUSA BANGSA, yups.. mereka pada senang karena tak terasa mereka sudah memasuki hari terakhir MOS. Dan itu artinya mereka segera terlepas dari mega bencana ini. Ini juga sangat dirasakan oleh Gugun cs. Hari terakhir MOS memang tak terlalu melelahkan seperti hari sebelumnya. Hari itu anak anak malah disuruh maen games atau nyanyi nyanyi di lapangan, mereka juga disuruh latihan ngpalin yel yel kelompok, dan ngapalin MARS sekola mereka. Ini semua dilakukan demi acara penutupan MOS. Dari masing-masing kelas harus menampilkan karya pertunjukan, boleh drama, sketsa, nyanyi solo karir atau grup band jg boleh. Gugun cs yang tegabung di kelas X1 yang diketuai oleh Icha gebetan Gugun, juga lagi sibuk tentang apa yang au di tampilkan.
        “gimana kalo kita bikin drama kaya erita titanic, saya jadi jack dan Uul jadi Rosenya” usul kiplih yang langsung ditolak tanpa dipikir lg.
        “ lagian kamu sok kegantengan bangat si plih, tampang kaya pembantu baru dipecat ajah sok jadi Jack” umpat Maulida yang biasa dipanggil Uul.
    “ udah-udah jangan bertengkar, ehm.. Gun kamu puny aide ga? Tanya Icha.
Gugun yang dasarnya jago boong, jadi punya aide. Tapi dia harus berpikir sejenak untuk merealisasikan ide tersebut.
    “ saya ada si cha, gimana kalo kita buat sketsa ajah, kan gampang tuh durasinya juga gg banyak dah gitu alur ceritanya jadi gampang, yang penting kocak, gimana? Seru Gugun.
Anak anak langsung pada mikir, Joko, dika , Zaki nampaknya pada setuju. Tapi gimana dengan Kiplih?.
    “ok.. kita sepakat wat nampilin sketsa ajah, tinggal tunggu Gugun ajah mw sketsa apa” imbuh  Icha. Akhirnya mereka sepakat nampilin sketsa. Gugun diberi waktu untuk membuat scenario. Dicoret-coret tuh kertas, sambil ssekali mengigigt ujung pulpen, pertanda kalo ia sedang mikir.
    “ Gun, saya di ajak ya maen di sketsa kamu jadi apa saja deh, asal jangan jadi tukang ojek payung, saya mau nunjukin ke Uul kalo saya layak jadi artis top” ucap Kiplih di sela waktu.
    “ tenang plih kamu rencananya memang saya mau pake di sketsa ini, makanya kamu sana dulu saya lagi sibuk nii”.
    Lima belas menit berlalu panggung juga sudah siap, panitia juga sudah rapi semua, itu pertanda acara prnutupan MOS segera dimulai. Gugunpun sudah fix dengan cerita MALIN KUNDANG.
    “ ko Malin kundang? Kaya anak kecil ajah” umpat Kiplih rada keki.
    “ tenag plih, ini beda sama Malin kundang yang dulu, ini versi sekarangnya. Kalo dulu kan dikutuk jadi batu, nah klo ini Malin kundang yang kaya dan angkuh itu tak mau mengenali ibunya, dia akan dikutuk jadi SUPIR ANGKOT yang dekil. Gimana menurut kalian?”
HA... HA... HA.....  tawa anak-anak yang menandakan setuju. Dan anak-anak sepakat dengan sketsa itu, juga pemerannya. Sedang Kiplih sempet ngamuk saat disuruh jadi supir angkot, tapi setelah dirayu ma Uul do’I mau juga. Dan tiba acara yang di tunggu-tunggu, acara pertama di buka oleh pidato kepala sekolah. “ saya ucapkan selamat kepada kalian anak-anak manis, kalian berhasil lolos ujian MOS yang akan membuat kalian menjadi siswa yang taat pada peraturan sekolah” begitulah pidato kepsek.Acara dilanjutkan dengan menampilkan beberapa pertunjukan. Ada yang nyanyi, maen sulap. Baca puisi, maen drama, maen petasan eit kalo yang ini gg boleh ya anak mais he he. Dan tiba giliran anak kelas X1, anak ber toast dulu sebelum manggung, Gugun yang g ikut tampil Cuma menyemangati dan mengatur( sutrdara nii). Zaki yang ditunjuk jadi Malin kundang begitu serius menjalankan perannya begitu juga denga ank yang lain. Penonton begitu antusias dan merasa terhibur dengan aksi kocak Kiplih yang berpenampilan dekilllllllll bangat. Buat Kiplih meranin tokoh SUPIR ANGKOT DEKKKIL bukanklah hal yang sulit. Pertunjukanpun usai, kii saatnya penilaian pertunjukan dari kelas mana yang paling bagus. Dan ternyata Kiplihlah yang dapet NUSA BANGSA award tahun ini, juri menilai aktingnya sangat memukau saat memerankan SUPIR ANGKOT, nyaris tanpa celah dia memerankannya. Dan anak-anak pun bergembira seraya mengangkat2 Kiplih dan lalu menyeburkannya ke kolam ikan dekat kantor Kepsek.
        HORRRRRRRREEEEEE..........

Penulis : Ilham Lupus Saputra

Hei hei.... masi ada yang ragu bersedekah ya??? Ragu kenapa si?, takut jatuh miskin? Takut dibilang sok kebanyakan duit? Atau takut dibilang membiarkan orang jadi males??? Atau ngerasa senasib, jadi gg perlu bersedkah??? Hohohoho sepele banget si alesannya. Yuk kita sharing bareng-bareng tentang keutamaan bersedekah, mumpung hari Jum’at ni guys!!!
Jadi gini ya, saya si kebetulan ga  jago dalam soal Agama tapi alhamdulillah saya tinggal dilingkungan yang bernafaskan islaminya sangat kuat. Jadi saya sedikit mau berbagi saja atau shering saya juga masi banyak bertanya ko. Dan ini juga tantangan bagi saya sebagai seorang calon penulis tenar hehhehe. Menrut kalian kenapa orang terkadang masi ragu untuk bersedekah? Padahal kebaikan bersedekah itu banyak bangat loh contohnya;
Sedekah tuh sebagai penerang alam kubur
Gini man, kalian pasti pernah donk kejebak mati lampu, gimana rasanya gelap kan! Nah kuburan tuh lebih gelap lagi, itu kata temen saya yang anak pesantren. Katanya bukan hanya gealp loh, disana juga bakal ada siksa kubur, ada malaikat yang siap betanya-tanya pokonya serem deh. Tapi tenag mau ga kuburan kita jadi terang. Oke saya buka catetan saya dulu ya,, ni RASULULLAH SAW pernah bersabda:
Bersedekahlah sebab sesungguhnya sedekah itu pelepasmu dari api neraka(HR.THABRANY).
Tuhkan RASULULLAH loh yang ngomomng,, hayo masi tetep ragu!!
    Saya jadi inget temen lama deh, waktu itu lagi di halte nunggu angkot terus ada pengemis yang lewat, trus dia berucap “ eh kasian ya, sudah tua tapi masi harus cari uang dengan cara mengemis” ucap temen saya ini. “ loh klo kasian knpa gg di beri uang” sahut saya.
    “ yah ham,, kamu tau kan keadaan saya gimana, saya g jauh beda sama mereka, bisa makan 2 kali jah dah untung ham”. Dari cerita ini pasti anda menyimpulkan kalo sedekah hanyalah kewajiban orang kaya!! Ups tapi kalian salah anak manis!! Kalian pernah dengar kalo senyum itu sedekah??? Pernah donk, sering lo kata – kata itu di jadiin tameng wat orang yang lagi kepergok senyum2 sendiri.
    “ eh crut, knpe lu senyum2 gila ya?”
    “ enak ajah, senyum kan ibadah”. Nah ternyata itu benar adanya loh, nah anak manis gg ada lagi donk pola pikir kalo sedkah itu haya kewajiban orang kaya. Tapi kalian juga jangan sengaja sedekah senyuman terus, mentang2 saya ngomong kaya gini trus cuma mau sedekah pake senyuman, sememtara harta dirumah semakin banyak itu mah sama ajah pelit atuh....(ya tapi tetep senyum ya,, jangan jutek2, tar gg laku loh hehehhe)
Menurut saya si, yang pantas bersedekah dengan senyuman hanya orang yang bener2 tidak mampu, ya misalnya pengemis merka kan susah tuh kalo mau bersedekah pake harta tapi mereka juga  pengen  tuh dapat merasakan pahala bersedekah. Nah dengan cara tersenyum dan bersikap ramahlah ia dapat pahala bersedekah. Oh betapa adilnya ALLAH SWT ia ga!!!
    Di suatu hari waktu saya pulang sekolah, saya bersama teman kenalan saya menunggu bis di pinggir jalan. Eh ketemu pengemis lagi, tapi kali ini pengemisnya masi muda, masi sehat Cuma pakeannya ajah yang dekil. Lalu ketika pengemis itu telah berjalan meninggalkan kami, dengan sadis teman saya brkata seperti ini “ ihh,, gw bingung ma tuh orang masi muda kok, dah minta2 males amat si jadi orang”. Yaampun saya kaget bangat ma omoongan temen saya barusan. Loh loh... aneh bangat ya kenapa harus ngomong gitu, kalo mau nyumbang ya nyumbang ajah kali,, gg usah pake nuduh gitu ye. Seharusnya kita bersyukur karena kita diciptakan oleh ALLAH SWT sebagai orang yang mampu menaruh tangan diatas, ga usah mikir yang macem2 deh, fokus menyumbang hanya karena ALLAH, toh ALLAH g pernah tidur, maksudnya sekecil apapun perbuatan baik kita g akan pernah terlepas dari ALLAH. Terus kalo masalah dia berbohng atau g amah urusan dia dengan yang MAHA KUASA.  Trus klo alesan bikin dia jadi MALES kayanya juga berlebihan deh. Kalian pasti tau donk  ALLAH menciptakan sesuatu itu berpasangan, contoh saya diciptakan dengan tampang yang manis nah temen saya punya tampang yang gak manis2 amat heheheh bcanda maksudnya gini, ada kaya ad miskin ada jangkung ada pendek, ada cakep ada JEL..... g enak saya nyebutnya hehehehe pokonya gitu deh, jadi menurut saya mereka diciptakan seperti itu, mungkin ada hikmahnya bagi kita yang bernasib lebih beruntung, kita bisa meraup pahala dengan cara bersedekah kepada orang yang tidak mampu, kita bisa menjalin tali silahturahmi dengan cara seringnya kita bersedekah, dan bahkan kalo kita emang kaya banget sekalian ajah bikin sekolah gratis untuk anak yang kurang mampu, gila cing pahalnya gg bisa keitung tuh. Nah jadi hidup ini memang sudah ada yang mengatur, tinggal kita deh pinter2 bersyukur dengan apa yang kita miliki. Lagian coba deh bayangin kalo kita hidup sama semua, semua isinya orang kaya ajah gg ada orang susah hayo gimana tuh? Gimana kita mau cari pahala tambahan selain melaksanakan ibadah wajib!!! Dan inget loh nasib bukan kita yang milih.

IH... JANGAN PELIT PELIT DONK...
    Eh anak manis, pelit itu dilarang loh, lagian rugi tau kalo jadi orang pelit wong harta juga ga dibawa mati ko! Tau ceritanya korun kan! Itu loh yang biasa di jual pagi – pagi “KORUN KORUN, KORUN KOMPAS, KORUN WARTA KOTA” hehehhe itu mah KORAN ya! Hehehhe ketauan dah mantan tukang korannya. Yups pasti kalian tau kan cerita korun yang kaya raya nah dia itu gg pernah bersukur atas nikmat ALLAH dia menganggap apa yang dimilikinya murni hasil usahanya sendiri,, ihhh berani bangat ya!!! Dengan paradigma berpikir seperti itu akhirnya dia menjadi raja yang paling pelit, tapi apa akhirnya, dia mati juga kan, apa lantas hartanya ngikutin dia??? Oh teneu tidak... mereka terpisah Korun kemana hartanya kemana. Nah intinya tuh jadi orang gg boleh pelit ya,, apa lagi sekarang UMR dah naik ya!! Bisa donk di sisihin untuk anak yatim, janda, pembangunan mesjid dll.oya satu lagi saya mau tanya ni ma ank cwo?? Setiap solat jumat pada bawa uang kan!! Bawa ga?? Terkadang ada loh yang sengaja di lupa-lupain, makanya setiap solat jumat apa yang jalannya paling lancar?? KOTAK AMAL, ya kotak amal mang jarang bangat macetnya sekalinya berenti paling kedengeran suara gini “PELETAK” tau ga suara apa? Suara duit logam “GOPEAN” hehehe gimana masjid mau bikin acara keisalaman kalo kita Cuma berani nyumbang segitu, gimana masjid mau rapi. Minimal 5000 lah, kan Cuma seminggu sekali ia ga!!    Sebenarnya kalo mau dipikirin kita tuh tertinggal jauh loh, apa gg ada orang islam yang kaya? Apa ga ada orang islam yang punya jabatan tinggi? Jawabannya “BANYAK” banyak ko, orang islam kaya, banyak ko orang islam yang punya jabatan penting. Tapi kita harus akui masi banyal umat islam yang ga berani memperioritaskan urusan yang berbau agama, kita cenderung mendahulukan masalah dunia kita naudzu billah deh. Kita semua sebenarnya berpotensi untuk memajukan islam dari segi finansialnya, tapi kita Cuma ga bisa menginventariskan potensi tsb. Kita telah lalai dengan urusan dunia padahal ini kan dunia Cuma transit loh, bukan tujuan. Yaampun ko saya jadi sok tau ya, mf deh kebanyakan dengerin ceramah Alm. Kh. Zainudin. MZ si hehehe. Ya tapi pada intinya kita mang ga boleh pelit sob,, ih malu donk masa harta Cuma TITIPAN ajah di pelitin, di aku-akuin lagi hehehhe.
    IH KO SEDEKAH DI PAMERIN SI....
    EHEM... Pernah liat acara gossip di TV donk,,, pernah liat ada public figur bagi-bagi sembako ke rakyat miskin??? Gimana tanggapan kamu-kamu? Atau gini deh saya mau cerita lagi. Saai itu saya sedang nonton TV ma 2 teman saya, yang atu namaya Somad yang atu lagi namaya Julkiplih. Nah kebetulan diantara mereka sayalah yang paling manis hehehe( gg penting ya). Waktu itu kita lagi iseng nonton gossip sore biasa acara favorit si Somad. Nah kebetulan beritanya tentang artis yang lagi bagi-bagi sembako. Nah si somsd ysng rada nyablak langsung teriak gini.
“buset dah,,, tuh orang sombong amat, sedekah ajah pake diliput biar dikata apa si, biar dibilag Malikat atu Cuma nyari muka( waduh mukanya ilang kali ya) heheh”
Kiplih yang setengah ngantuk jadi kaget, dan ikut memperhatikan liputan tersebut.
    “ mana mana Mad, eh ia ko, acara gini pake  di ekpos si! Kesannya RIA ya!” timpal Ijul seraya ngelap iler yang mulai mengalir hehhehe.HAHHAHA saya ketawa ajah. Tau ga sebenernya arti dari liputan itu apa!!! Itu artinya kita di suruh ngikutin amal baik si artis itu, jadikan motivasi untuk mengikuti jejak artis yang baik itu. Somad dan Ijul salah mengartikan berita tersebut. Sebenarnya itulah bentuk ajakan dari ALLAH kita diingatkan betapa pentingnya bersedkah dan liat apa hasil dari sedkah itu, si artis bakal lebih sukses kedepannya. Tugas kita disini bukan untuk men-JUDGE atau menghakimi seseorang, menghakimi adalah tugas ALLAH kita Cuma disuruh ambil langkah positifnya ajh ko, , seharusnya kita berfikir, kapan ya kita bisa bersedekah seperti itu? Tapi g usah pake diliput kan kita bukan artis hehehhe lagi mana ada yang mau ngeliput.  Disini kita harus pinter pinter melihat sisi yang lain dari suatu kejadian dan kembalikan semua pada ALLAH SWT, jangan gegabah, jangan juga gePADI, jangan juga geBERAS loh kok jadi plesetan si hehhe ya gpp lah namanya juga lg sharing.
OK deh saya rasa cukup itu ajah cz saya juga ga tau banyak saya Cuma mau ngingetin kita kan hidup memang harus saling mengingatkan iya ga??? Jujur saya adalh seorang yang amatir dalam urusan agama saya Cuma kasih tau yang pernah saya denger dari ustad, dari teman yang lebih pinter. Makanya kalo saya banyak yang salah saya minta di maafin ya, tolong di betulin juga ya.

NB: MELIHAT KEATAS ITU PERLU UNTUK MOTIVASI YANG LEBIH BAIK, TAPI MELIHAT KEBAWAH LEBIH PERLU AGAR KITA LEBIH PANDAI BERSYUKUR.

ASALLAMUALAIKUM WR. WB

SALAM MANIS DARI SAYA YANG DARI OROK SUDAH MANIS, BUAT KAMU-KAMU YANG GG TERLALU MANIS. hehhehe

Penulis : Ilham Lupus Saputra

Kamis, 03 Mei 2012

Kerajaan kutai adalah kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan ini terletak ditepi sungai Mahakam di Muarakaman, Kalimantan Timur, dekat kota Tenggarong.
Pendiri Dinasti
Diperkirakan Kerajaan Kutai berdiri pada abad 4 M prasasti tersebut didirikan oleh Raja Mulawarman. Bukti sejarah tentang kerajaan Kutai adalah ditemukannya tujuh prasasti yang berbentuk yupa (tiang batu) tulisan yupa itu menggunakan huruf pallawa dan bahasa sansekerta.

Adapun isi prasati tersebut menyatakan bahwa raja pertama Kerajaan Kutai bernama Kudungga. Ia mempunyai seorang putra bernama Asawarman yang disebut sebagai wamsakerta (pembentuk keluarga). Setelah meninggal, Asawarman digantikan oleh Mulawarman. Penggunaan nama Asawarman dan nama-nama raja pada generasi berikutnya menunjukkan telah masuknya pengaruh ajaran Hindu dalam kerajaan Kutai dan hal tersebut membuktikan bahwa raja-raja Kutai adalah orang Indonesia asli yang telah memeluk agama Hindu.

Kehidupan Kerajaan

Kehidupan sosial di Kerajaan Kutai merupakan terjemahan dari prasasti-prasasti yang ditemukan oleh para ahli. Diantara terjemahan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Masyarakat di Kerajaan Kutai tertata, tertib dan teratur
  • Masyarakat di Kerajaan Kutai memiliki kemampuan beradaptasi dengan budaya luar (India), mengikuti pola perubahan zaman dengan tetap memelihara dan melestarikan budayanya sendiri.
Kehidupan ekonomi di Kerajaan Kutai dapat diketahui dari dua hal berikut ini :
Letak geografis Kerajaan Kutai berada pada jalur perdagangan antara Cina dan India. Kerajaan Kutai menjadi tempat yang menarik untuk disinggahi para pedagang. Hal tersebut memperlihatkan bahwa kegiatan perdagangan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kutai, disamping pertanian.

Keterangan tertulis pada prasasti yang mengatakan bahwa Raja Mulawarman pernah memberikan hartanya berupa minyak dan 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana.
Kehidupan budaya masyarakat Kutai sebagai berikut :
  • Masyarakat Kutai adalah masyarakat yang menjaga akar tradisi budaya nenek moyangnya.
  • Masyarakat yang sangat tanggap terhadap perubahan dan kemajuan kebudayaan.
  • Menjunjung tingi semangat keagamaan dalam kehidupan kebudayaannya.
Masuknya Pengaruh Budaya

Masuknya pengaruh budaya India ke Nusantara, menyebabkan budaya Indonesia mengalami perubahan. Perubahan yang terpenting adalah timbulnya suatu sistem pemerintahan dengan raja sebagai kepalanya. Sebelum budaya India masuk, pemerintahan hanya dipimpin oleh seorang kepala suku.

Selain itu, percampuran lainnya adalah kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia mendirikan tugu batu. Kebiasaan ini menunjukkan bahwa dalam menerima unsur-unsur budaya asing, bangsa Indonesia bersikap aktif. Artinya bangsa Indonesia berusaha mencari dan menyesuaikan unsur-unsur kebudayaan asing tersebut dengan kebudayaan sendiri.

Bangsa Indonesia mempunyai kebiasaan mendirikan tugu batu yang disebut menhir, untuk pemujaan roh nenek moyang, sedangkan tugu batu (Yupa) yang didirikan oleh raja Mulawarman digunakan untuk menambatkan hewan kurban.

Pada prasasti itu juga diceritakan bahwa Raja Mulawaraman memerintah dengan bijaksna. Ia pernah menghadiahkan ± 20.000 ekor sapi untuk korban kepada para brahmana / pendeta. Dan dalam prasasti itu pun menyatakan bahwa Raja Aswawarman merupakan pendiri dinasti, mengapa bukan ayahnya Kudungga yang menjadi pendiri dinasti tetapi anaknya Aswawarman? Hal itu karena pada saat itu Raja Kudungga belum memeluk agama Hindu, sehingga ia tidak bisa menjadi pendiri dinasti Hindu.

Dari Raja Aswawarman menurunlah sampai Mulawarman, karena Mulawarman pun memeluk agama Hindu. Hal itu diketahui dari penyebutan bangunan suci untuk Dewa Trimurti. Bangunan itu disebut bangunan Wapraskewara dan di Gua Kembeng di Pedalaman Kutai ada sejumlah arca-arca agama Hindu seperti Siwa dan Ganesa.

Minggu, 15 April 2012

Dulu, aksi brutal geng motor ditunjukkan oleh anggota geng motor tersebut untuk unjuk identitas. Mereka membutuhkan aksi kekerasan supaya keberadaan mereka diakui dan ditakuti orang.

Dalam sudut pandang kejiwaan, yang mereka lakukan adalah suatu bentuk displacement (salah pindah/pelampiasan) dari semangat mereka yang tidak terkontrol. Displacement adalah salah satu bentuk reaksi adaptasi yang disebut Mekanisme Pembelaan Ego (MPE). Karena displacement adalah sebuah reaksi, dapat dipastikan ada aksi yang menjadi pemicunya.
Inilah yang perlu kita tahu,
Ketika mereka turun ke jalan, mereka membawa identitas moral dan kepribadian sebagai anggota geng.

Geng motor tidak akan melakukan penyerangan impulsif. Tanpa perencanaan matang, tanpa sasaran spesifik dan tanpa motif instrumental.
Impulsif itu bukan berarti kelompok tersebut tidak melakukannya secara rasional. Tapi ketika mereka berhimpun sebagai geng maka yang terbentuk adalah kepribadian geng. Sebagai geng mereka butuh identitas. Tapi sepertinya mereka tidak memiliki kemampuan ekstra untuk membangun identitas secara positif.

Antara Emosi dan Mental

Tingkatan emosi baik bersifat negatif maupun positif seseorang dengan orang yang lain dibedakan dalam hal cara berpikir, berbicara, dan bertindak. Bila seseorang mempunyai emosi negatif yang sangat ekstrem dan tidak mampu mengontrol diri sendiri, mulai dari cara berpikir dipastikan mempunyai nilai negatif yang tinggi, diwujudkan dalam berbicara yang negatif dan disertai tindakan negatif. Contohnya merusak, membakar, membunuh, atau bahkan bom bunuh diri dengan sasaran sebanyak-banyak korban yang dipandang telah merugikan atau tidak mengikuti kemauan si pemilik emosi negatif itu.

Bila ditanya kenapa geng motor selalu diikuti oleh agenda negatif? Hal tersebut tidak benar selalu terjadi, sebab ada juga geng motor yang dulunya negatif sekarang sudah bersosialisasi dan beradaptasi dengan mengutamakan hal dan kegiatan positif seperti klub Moonraker, salah satu komunitas motor yang berani terbuka dan melakukan perubahan ke arah yang lebih positif.

Geng motor yang dilakukan untuk tujuan benar dan murni tidak mungkin akan melakukan perbuatan negatif seperti merusak fasilitas umum, membakar, menganiaya bahkan membunuh. Namun, fakta di lapangan akan berbeda bila pada geng motor tersebut sudah ada agenda khusus yang membonceng. Jadi saya pribadi lebih yakin bila emosi dan mental negatif bukan milik semua geng motor. Sebab, faktanya mereka dapat memilih mana yang harus dijadikan sasaran dan mana yang tidak pantas jadi sasaran.

Sesuai dengan penelusuran saya dari berbagai fakta peristiwa yang terjadi di Jakarta beberapa pekan lalu, anggota geng motor yang melakukan penyerangan ialah kelompok besar dan yang menjadi korbannya adalah kelompok kecil atau sekumpulan orang yang jumlahnya tidak terlalu banyak.
Para korban yang terluka pun mengaku sama sekali tidak mempunyai masalah atau terlibat keributan dengan pihak manapun sebelum peristiwa penyerangan terjadi.

Polisi sebaiknya tidak hanya berfokus kepada motif dari aksi-aksi tersebut. Polisi perlu melihat pola di wilayah mana dan pada pukul berapa kelompok tersebut sering beraksi.
Disitulah polisi berpatroli. Disitulah petunjuknya. Polisi tidak boleh lamban. Kalau mereka yang masih baru dan sedang mencari ke-khas-an gengnya ini diberitakan besar-besaran, sedangkan respons polisi lamban, itu justru akan jadi area kekuatan mereka.

Salam persaudaraan dari kami! peace, love, unity, respect and brotherhood everywhere! one for all all for one !