Rabu, 01 Mei 2013


“Zia,, Zia tunggu donk, cepet bangat si lo kaya mao ngambil sembako”
    “ emang gw mao ngambil sembako, mang lo ga dapet kuponnya?” jawab Zia sekenanya.
Cewe manis yang terbungkus seragam putih abu-abu itu, memang sedang buru-buru bangat. Dan suara cempreng yang memanggil tadi adalah Riri, ya sama ma Zia, riri juga cewek yang terlahir dengan muka yang manis. Namun tak semanis daya pikirnya. Cewek asal Bandung itu memang terkadang TELMI (telat minum) hehhe. Mereka dah jadi sahabat dari pas seragam mereka bekelir warna biru-putih, jadi boleh dibilang mereka dah kaya ade kaka. Saking akrabnya dengan keluarga Zia, Riri jadi dianggap pembantu sendiri. banyak hal yang sudah mereka lakukan mulai dari ngejar layangan bareng, berenang di kala banjir, kesasar bareng, nyolong rambutan tetengga bareng pokonya banyak deh, ya tapi dengan begitu diantara mereka kini timbul chemistry yang luar biasa.
    “ eh cumi, tungguin donk, ngapa si lu buru-buru bangat bel masuk juga masi 15 lagi” ucap Riri yang kini sudah berhasil mengejar Zia di koridor kelas.
    “ mau tau bangat apah mau tau sangat” tukas Zia
    “ ye,, pilihan lo gg ada bedanya tuh”...
    “ hehehhe lagian lo kepo bangat si jadi orang, “ ucap zia sambil tetap jalan dengan speed yang cepet.
    “ ya gw sebagai sahabat yang peduli, mesti tau donk”
    “ lo beneran mau tau, napa gw jalan buru-buru, ini dia yang bikin w jadi cepet-cepet” Zia, seraya menaruh tas mungilnya di bangku paling belakang.
    “ idihh amit-amit deh,, kaya orang primitive deh”
    “ ye,, jangan asal ngomong lo,, ini bangku kramat tau, lo lupa kita bakal ada ulangan Fisika dan lo tau kan siapa gurunya” ucap Zia berap-api setelah mendengar kata-kata primitiv
    “ oh... iya ya, gw lupa Zi, ydah gw duduk di sebelah lo ya?”
    “ yaudeh, maknya jangan banyak cincong lo”
Yang dilakukan Zia memanhg sebenarnya tidak berlebihan sebab hari ini memang ada ulangan fisika yang susehnye naujubilah dah. Di tambah dengan guru yang super killer dan ga bisa diajak nego nilai sama sekali. Semalem Zia si sempet belajar tapi doi takut yang di pelajarin gg kluar di ulangan kali ini. Ya sebab guru2 zaman sekarang kan suka bikin surprise. Makanya dia nekat duduk di bsrisan paling belakang biar semua serba mudah hehe. Limas menit berlalu, bel tanda masuk berbunyi saingan ma bel tukang es krim. Anak-anak yang datang rada telat kini berlari berhamburanke kelas masing-masing. Ga lupa guru BK yang rese menahan anak-anak yang bajunya di kluarin atau anak2 yang pake sepatu brwarna.
    “ heii kamu, sini dulu baju kamu belum rapi” Ucup yang kebetulan dateng kesiangan kena razia baju.
    “ mau jadi preman kamu hah” hardik  guru BK sambil mencubit hidung Ucup.
    “oh ga pak, saya ga niatan jadi preman saya kalo sudah lulus mau jadi guru BK kaya bapak” ucap Ucup.
Begitulah adat guru BK yang lagi piket selalu ada saja yang di perkarakan, menyebalkan memang tapi tetep tujuannya baik ko. Terlepas dari itusemua kini anak2 kelas x2 suah duduk manis menunggu Bu  Lina sang guru fisika membagikan kertas ulangan keparat itu.
    “ ya untuk ulangan kali ini saya berharap pada kalian semua untuk tidak mencontek atau ngebet bku paket, karena ulangan kali ini saya jadikan sebagai patokan sampai maa kemampuan kalian menanggapi pelajaran saya” ucap bu Lina pada muridnya. Sementara Zia yang sudah mempersipkan contekan di kolong meja jadi jiper juga mendengar wejangan dari bu Lina.
    “ mampus kita Ri” ucap Zia pada Riri denagan nada pelan.
Tapi sayang Bu Lina terlalu peka untuk mendengar celotehan pelan dari mulut kecil Zia.
    “ ya Zia kenapa, keberatan dengan peraturan ibu?” ucap Bu Lina sambil membagikan kertas ulangan.
    “ oh ga ko bu. Ga ada yang berat ko” ucap Zia sedikit kaget.
    “ lagian kamu ko tumben duduk barisan belakang biasanya kamu kan duduk di depan, malah pernah sampai di lantai depan” HAHAHHAHA tawa anak-anak berbarengan.
    “ oh ga ko bu, saya lagi pengen cari suasana baru ajah”
Ulangan berjalan begitu sunyi gag da yang berani bersuara. Semut ajah pada enggan lewat. Bu Lina begitu serius mengawasi anak muridnya. Dan sampai puncaknya beliau duduk tenang di barisan belakang tepatnya deket bangku Zia dan Riri. Zia mengkerut dari sepuluh soal Cuma lima biji yang dya bisa. Sedadng Riri wasalam anak itu terlalu sering membuang waktu dengan pura-pura sedang mikir. Waktu terus berjalan sumpah bu Lina kayanya tau dengan niat Zia dan Riri. Alhasil mereka berdua ga bisa berkutik sampai waktu ulangan benar-benar usai.     “ Ancur..,. ancur.... pasti ancur nlai ulngan gw” sembur Zia kala waktu istirhat.
    “ parah bangat mang tuh si guru ngiler” Riri menimpali
Zia bener-bener ketakutan sebab maami sudah mewanti-wanti harus dapet nilai bagus. Minggu kemarin dia dapet nilai delapan ketawa alias tiga. Ga tau kenapa sejak ikutan lomba penulis naskah scenario flm FTV doi jadi sibuk bngat. Awalnya si dia Cuma iseng ngirimin cerita ke salah satu production house yang lagi ngadain acara lomba naskah cerita flm FTV “OLALA PRODUCTION” nama PH yang cukup terkenal kala itu. Lalu cerita Zia terpilih sebagai juara pertamanya. Dan mulai minggu kemarin sang produser minta dia untuk merincikan naskah agar dapat di buat flmnya. Alhasil Zia disibukan tiga hari tiga malem ia mengurung diri dikamar tentunya bukan yntuk belajar melainkan ngarang cerita flm tersebut. Judulnya flmya ajah udah bikin penasaran “BERENANG DI KOLAM RENANG TETANGGA” sedih deh flmya sesuai judulnya hehehe. Tapi lumayan sekarang dia jadi punya penghasilan sendiri tanpa harus meminta pada Mami dan Papinya yang selalu tega ga memberi uang padahal Zia dah pake nangis Bombay sekalipun. Tapi konsekuensinya Zia jadi sering monda-mandir ke OLALA PRODUCTION.
  Dan bener saja ketakutan itu memang terealisasikan sebab pas pulang sekolah Zia langsung dipanggil oleh Bu Lina. Dia dapet teguran habis karena merosotnya nilai ulangannya. Khusus ulangan Zia sudah di koreksi duluan oleh bu Lina dan hasilnya dapet nilai empat dari lima soal yang behasil dijawab. Dan hal yang membuat dia shock hasil ulangan itu harus di tanda tangani oleh Mami tercintanya. Ini berarti Zia dalam marabahaya level sepuluh.
                                                                            ****
    “ What,, dapet empat memalukan kamu Zia” ucap Mami dengan nada kaget setelah Zia memberikan hasil ulangannya.
    “ santai Mi, niali ini bukan akhir dari segalanya ko” ucap Zia santai sehabis menenggak aer sebotol dari kulkas.
        “ jangan gila kamu zi,, ini dah ga beres semenjak kamu jadi freelance di OPAPA PRODUCTION nilai kamu jadi merosot”
        “ OLALA mi...” ralat Zia.
Dan di sela percakapan panas itu terdengar suara mobil kijang butut Papi.
        “ pap, coba liat ini hasil kerja putrid semata wayangmu ini”
Papi yang baru pulang kaget juga melihat nilai yang terpampang di selembar kertas itu.
    “ yaampun Zia,, nilaimu ko bisa sama dengan nilai ulangan Mamimu 20 tahun yamg lalu” ucap papi.
Zia langsung cekikian ngedenger ucapan Ppinya. “ eh papi jangan ngaco ya,, mami ga pernah dapet nilai sejelek ini, emangnya papi ulangan gambar ajah remedial segala” bales Mami. Kedua makhluk ini memang sering berselisish kalo sudah ngomongin masa lalunya. Ya jarang2 donk ada orang mau mengakui aib masa lalunya, telebih didepan anaknya.
    “ pokonya papi mesti ambil tindakan tegas,, ni masalah besar pi mami gg mau anak kita jadi keasikan nyari duit sementara belajarnya jadi ketinggalan” sembur mami. papi yang sedang duduk di kursi sambil melepas kaos kaki yang kummel, memperhatikan Zia secara serius.
    “ Zi,, sini nak papi mau bicara”
Zia rada jiper juga, takut papi ngelarang Zia jadi penulis cerita dan nyuruh banting setir jadi tukang sayur ajah.
    “ papi perhatiin kamu, sekarang jarang kumpul ma kita, sibuk bgt ya?? Udah gitu kamu kurusan pula”
    “ masa si pih? Tapi Zia tetep manis kan Pi??” Zia coba menetralisir.
    “ tuh liat pih,, ditanya yang bener malah kecentilan gitu” serobot Mami.
    “ précis kamu dulu ya mi.. coba nak jelaskan ke papi”
Zia pun menjelaskan semua, mulai dari ia kepilih sebagai pemenang lomba nulis cerita ampe kejadian tadi pas pulang sekolah ada supir angkot yang berani ber suit-suit padanya.
    “ ini Cuma masalah waktu kok pih, mih.. Zia Cuma btuh waktu antara kerja ma sekolah”
    “ iya tapi kamu kan masi sekolah,, kaya orang kkurangan uang ajah” mamih ikut bicara.
    “ ini bukan masalah uang mih, Zia Cuma mau mengeksplor bakat ajah, banyak sarjana yang     pada akhirnya Cuma jadi pengangguran, ingat mih sekola Cuma ngajarin kita wat pinter bukan     bisa kerja, trkadang orang ada yang pinter Cuma teori ajah pas di suruh prakteknya gabisa     Cuma bisa nyengir deh.. Zia gg mau yang kaya gitu Zia mau yang dua2nya bakat ada, otak juga     terisi     materi yang real.” Air mata zia mulai meleleh..
    “ tetap mami gg setuju,, kamu masi terlalu muda dalam hal ini, kamu masi sekola Zi, masi     kelas satu ESEMA”
    “ gini, Zi yang dibiang Mamimu gg sepenuhya salah, tapi gg sepenuhya benar juga. Papi senang kamu bisa cari uang sendiri itu artinya mengurangi pengeluaran Papi donk.. Tpi kamu juga harus bisa membagi perhatianmu ke sekolah,, inget loh kamu ini papi besarkan untuk menjadi  anak yang berbakti maka dari itu kamu papi sekolahin” ucap papi.  
    “iya Zia ngerti kok, pih tadi juga Zia sudah minta deadlinenya agak diundur beberapa hari kedepan dan akhirnya mereka juga ngerti kok” ucap Zia sedikit lebih tenang
    “ yaudah maasalah ini Papi anggapa selesai, yang penting papi gg mau lagi nilai empat di ulanganmu ok anak manis”  
    “ ok,, iam promise dad” Jawab Zia mantap.
                                                                                       ***
    Siang hari itu mami sedang melototin TV yang sebenarnya gg da acara yang rame, sampai akhirnya ada flm FTV yang berjudul “BERENANG DI KOLAM RENAG TETANGGA” ada nama VERNIZIA PUTRI sebagai penulis scenario. Mami kaget, ada air mata haru setelah menyaksikan fl mini. Ga nyangka anaknya bisa ikut terlibat di acara yang lagi ngetrend. Bukan sebagai artis atau figuran tapi dia lebih memilih sebagai penulis. Otak dari film ini, jarang loh anak seusia Zia lebih memilih bagian ini. Biasanya kan anak seumuran Zia lebih suka ngocol di layar kaca, ikut casting sana- sini bahkan ada yang ampe jual diri ke para produser padahal perannya Cuma jadi pembantu doangan, mending nongolnya lama, yang penting nongol di TV ih mait-amit deh....
    Inilah Zia cewek yang ga pernah mau berlindung dibalik GENDER ajah. Dia ga mau di bilang lemah meski dia berkelamin waniita yang notabennya selalu dibawah pria. Dia juga ga seratus persen memgang teguh prinsip emansiapasi wanita. Menurut dia ada yang bisa dikerjakan sendiri ya lebih baik di kerjain sendiri, jangan mudah bilang “ gw ga bisa” usaha dulu ampe mentok. Dia selalu inget kata orang tua dulu.
    “ringan sama di jinjing, berat ya suruh kuli ajah” hehhe
Intinya gini, sebagai wanita jangan mau donk gampang dikadalin ma cowo2, kita harus pinter-pinter. Tapi tetap menyadari kodrat kita sebagai wanita, mentang-mentang lagi musim emansipasi wanita lantas kita bersikap jadi kaya cowok, engga gitu. Tetap hargai cowok sebagaimana harusnya, biar gimana pun ADAM terlahir lebih dulu dari pada HAWA. Cari deh filosofinya sendiri saya rasa kalian dah pada bisa mengartikannya kalian kan dah pada gede, BANGKOTAN malah hehhe.

Penulis : Ilham Lupus Saputra

0 komentar :

Posting Komentar