Rabu, 20 Maret 2013


Hei hei.... masi ada yang ragu bersedekah ya??? Ragu kenapa si?, takut jatuh miskin? Takut dibilang sok kebanyakan duit? Atau takut dibilang membiarkan orang jadi males??? Atau ngerasa senasib, jadi gg perlu bersedkah??? Hohohoho sepele banget si alesannya. Yuk kita sharing bareng-bareng tentang keutamaan bersedekah, mumpung hari Jum’at ni guys!!!
Jadi gini ya, saya si kebetulan ga  jago dalam soal Agama tapi alhamdulillah saya tinggal dilingkungan yang bernafaskan islaminya sangat kuat. Jadi saya sedikit mau berbagi saja atau shering saya juga masi banyak bertanya ko. Dan ini juga tantangan bagi saya sebagai seorang calon penulis tenar hehhehe. Menrut kalian kenapa orang terkadang masi ragu untuk bersedekah? Padahal kebaikan bersedekah itu banyak bangat loh contohnya;
Sedekah tuh sebagai penerang alam kubur
Gini man, kalian pasti pernah donk kejebak mati lampu, gimana rasanya gelap kan! Nah kuburan tuh lebih gelap lagi, itu kata temen saya yang anak pesantren. Katanya bukan hanya gealp loh, disana juga bakal ada siksa kubur, ada malaikat yang siap betanya-tanya pokonya serem deh. Tapi tenag mau ga kuburan kita jadi terang. Oke saya buka catetan saya dulu ya,, ni RASULULLAH SAW pernah bersabda:
Bersedekahlah sebab sesungguhnya sedekah itu pelepasmu dari api neraka(HR.THABRANY).
Tuhkan RASULULLAH loh yang ngomomng,, hayo masi tetep ragu!!
    Saya jadi inget temen lama deh, waktu itu lagi di halte nunggu angkot terus ada pengemis yang lewat, trus dia berucap “ eh kasian ya, sudah tua tapi masi harus cari uang dengan cara mengemis” ucap temen saya ini. “ loh klo kasian knpa gg di beri uang” sahut saya.
    “ yah ham,, kamu tau kan keadaan saya gimana, saya g jauh beda sama mereka, bisa makan 2 kali jah dah untung ham”. Dari cerita ini pasti anda menyimpulkan kalo sedekah hanyalah kewajiban orang kaya!! Ups tapi kalian salah anak manis!! Kalian pernah dengar kalo senyum itu sedekah??? Pernah donk, sering lo kata – kata itu di jadiin tameng wat orang yang lagi kepergok senyum2 sendiri.
    “ eh crut, knpe lu senyum2 gila ya?”
    “ enak ajah, senyum kan ibadah”. Nah ternyata itu benar adanya loh, nah anak manis gg ada lagi donk pola pikir kalo sedkah itu haya kewajiban orang kaya. Tapi kalian juga jangan sengaja sedekah senyuman terus, mentang2 saya ngomong kaya gini trus cuma mau sedekah pake senyuman, sememtara harta dirumah semakin banyak itu mah sama ajah pelit atuh....(ya tapi tetep senyum ya,, jangan jutek2, tar gg laku loh hehehhe)
Menurut saya si, yang pantas bersedekah dengan senyuman hanya orang yang bener2 tidak mampu, ya misalnya pengemis merka kan susah tuh kalo mau bersedekah pake harta tapi mereka juga  pengen  tuh dapat merasakan pahala bersedekah. Nah dengan cara tersenyum dan bersikap ramahlah ia dapat pahala bersedekah. Oh betapa adilnya ALLAH SWT ia ga!!!
    Di suatu hari waktu saya pulang sekolah, saya bersama teman kenalan saya menunggu bis di pinggir jalan. Eh ketemu pengemis lagi, tapi kali ini pengemisnya masi muda, masi sehat Cuma pakeannya ajah yang dekil. Lalu ketika pengemis itu telah berjalan meninggalkan kami, dengan sadis teman saya brkata seperti ini “ ihh,, gw bingung ma tuh orang masi muda kok, dah minta2 males amat si jadi orang”. Yaampun saya kaget bangat ma omoongan temen saya barusan. Loh loh... aneh bangat ya kenapa harus ngomong gitu, kalo mau nyumbang ya nyumbang ajah kali,, gg usah pake nuduh gitu ye. Seharusnya kita bersyukur karena kita diciptakan oleh ALLAH SWT sebagai orang yang mampu menaruh tangan diatas, ga usah mikir yang macem2 deh, fokus menyumbang hanya karena ALLAH, toh ALLAH g pernah tidur, maksudnya sekecil apapun perbuatan baik kita g akan pernah terlepas dari ALLAH. Terus kalo masalah dia berbohng atau g amah urusan dia dengan yang MAHA KUASA.  Trus klo alesan bikin dia jadi MALES kayanya juga berlebihan deh. Kalian pasti tau donk  ALLAH menciptakan sesuatu itu berpasangan, contoh saya diciptakan dengan tampang yang manis nah temen saya punya tampang yang gak manis2 amat heheheh bcanda maksudnya gini, ada kaya ad miskin ada jangkung ada pendek, ada cakep ada JEL..... g enak saya nyebutnya hehehehe pokonya gitu deh, jadi menurut saya mereka diciptakan seperti itu, mungkin ada hikmahnya bagi kita yang bernasib lebih beruntung, kita bisa meraup pahala dengan cara bersedekah kepada orang yang tidak mampu, kita bisa menjalin tali silahturahmi dengan cara seringnya kita bersedekah, dan bahkan kalo kita emang kaya banget sekalian ajah bikin sekolah gratis untuk anak yang kurang mampu, gila cing pahalnya gg bisa keitung tuh. Nah jadi hidup ini memang sudah ada yang mengatur, tinggal kita deh pinter2 bersyukur dengan apa yang kita miliki. Lagian coba deh bayangin kalo kita hidup sama semua, semua isinya orang kaya ajah gg ada orang susah hayo gimana tuh? Gimana kita mau cari pahala tambahan selain melaksanakan ibadah wajib!!! Dan inget loh nasib bukan kita yang milih.

IH... JANGAN PELIT PELIT DONK...
    Eh anak manis, pelit itu dilarang loh, lagian rugi tau kalo jadi orang pelit wong harta juga ga dibawa mati ko! Tau ceritanya korun kan! Itu loh yang biasa di jual pagi – pagi “KORUN KORUN, KORUN KOMPAS, KORUN WARTA KOTA” hehehhe itu mah KORAN ya! Hehehhe ketauan dah mantan tukang korannya. Yups pasti kalian tau kan cerita korun yang kaya raya nah dia itu gg pernah bersukur atas nikmat ALLAH dia menganggap apa yang dimilikinya murni hasil usahanya sendiri,, ihhh berani bangat ya!!! Dengan paradigma berpikir seperti itu akhirnya dia menjadi raja yang paling pelit, tapi apa akhirnya, dia mati juga kan, apa lantas hartanya ngikutin dia??? Oh teneu tidak... mereka terpisah Korun kemana hartanya kemana. Nah intinya tuh jadi orang gg boleh pelit ya,, apa lagi sekarang UMR dah naik ya!! Bisa donk di sisihin untuk anak yatim, janda, pembangunan mesjid dll.oya satu lagi saya mau tanya ni ma ank cwo?? Setiap solat jumat pada bawa uang kan!! Bawa ga?? Terkadang ada loh yang sengaja di lupa-lupain, makanya setiap solat jumat apa yang jalannya paling lancar?? KOTAK AMAL, ya kotak amal mang jarang bangat macetnya sekalinya berenti paling kedengeran suara gini “PELETAK” tau ga suara apa? Suara duit logam “GOPEAN” hehehe gimana masjid mau bikin acara keisalaman kalo kita Cuma berani nyumbang segitu, gimana masjid mau rapi. Minimal 5000 lah, kan Cuma seminggu sekali ia ga!!    Sebenarnya kalo mau dipikirin kita tuh tertinggal jauh loh, apa gg ada orang islam yang kaya? Apa ga ada orang islam yang punya jabatan tinggi? Jawabannya “BANYAK” banyak ko, orang islam kaya, banyak ko orang islam yang punya jabatan penting. Tapi kita harus akui masi banyal umat islam yang ga berani memperioritaskan urusan yang berbau agama, kita cenderung mendahulukan masalah dunia kita naudzu billah deh. Kita semua sebenarnya berpotensi untuk memajukan islam dari segi finansialnya, tapi kita Cuma ga bisa menginventariskan potensi tsb. Kita telah lalai dengan urusan dunia padahal ini kan dunia Cuma transit loh, bukan tujuan. Yaampun ko saya jadi sok tau ya, mf deh kebanyakan dengerin ceramah Alm. Kh. Zainudin. MZ si hehehe. Ya tapi pada intinya kita mang ga boleh pelit sob,, ih malu donk masa harta Cuma TITIPAN ajah di pelitin, di aku-akuin lagi hehehhe.
    IH KO SEDEKAH DI PAMERIN SI....
    EHEM... Pernah liat acara gossip di TV donk,,, pernah liat ada public figur bagi-bagi sembako ke rakyat miskin??? Gimana tanggapan kamu-kamu? Atau gini deh saya mau cerita lagi. Saai itu saya sedang nonton TV ma 2 teman saya, yang atu namaya Somad yang atu lagi namaya Julkiplih. Nah kebetulan diantara mereka sayalah yang paling manis hehehe( gg penting ya). Waktu itu kita lagi iseng nonton gossip sore biasa acara favorit si Somad. Nah kebetulan beritanya tentang artis yang lagi bagi-bagi sembako. Nah si somsd ysng rada nyablak langsung teriak gini.
“buset dah,,, tuh orang sombong amat, sedekah ajah pake diliput biar dikata apa si, biar dibilag Malikat atu Cuma nyari muka( waduh mukanya ilang kali ya) heheh”
Kiplih yang setengah ngantuk jadi kaget, dan ikut memperhatikan liputan tersebut.
    “ mana mana Mad, eh ia ko, acara gini pake  di ekpos si! Kesannya RIA ya!” timpal Ijul seraya ngelap iler yang mulai mengalir hehhehe.HAHHAHA saya ketawa ajah. Tau ga sebenernya arti dari liputan itu apa!!! Itu artinya kita di suruh ngikutin amal baik si artis itu, jadikan motivasi untuk mengikuti jejak artis yang baik itu. Somad dan Ijul salah mengartikan berita tersebut. Sebenarnya itulah bentuk ajakan dari ALLAH kita diingatkan betapa pentingnya bersedkah dan liat apa hasil dari sedkah itu, si artis bakal lebih sukses kedepannya. Tugas kita disini bukan untuk men-JUDGE atau menghakimi seseorang, menghakimi adalah tugas ALLAH kita Cuma disuruh ambil langkah positifnya ajh ko, , seharusnya kita berfikir, kapan ya kita bisa bersedekah seperti itu? Tapi g usah pake diliput kan kita bukan artis hehehhe lagi mana ada yang mau ngeliput.  Disini kita harus pinter pinter melihat sisi yang lain dari suatu kejadian dan kembalikan semua pada ALLAH SWT, jangan gegabah, jangan juga gePADI, jangan juga geBERAS loh kok jadi plesetan si hehhe ya gpp lah namanya juga lg sharing.
OK deh saya rasa cukup itu ajah cz saya juga ga tau banyak saya Cuma mau ngingetin kita kan hidup memang harus saling mengingatkan iya ga??? Jujur saya adalh seorang yang amatir dalam urusan agama saya Cuma kasih tau yang pernah saya denger dari ustad, dari teman yang lebih pinter. Makanya kalo saya banyak yang salah saya minta di maafin ya, tolong di betulin juga ya.

NB: MELIHAT KEATAS ITU PERLU UNTUK MOTIVASI YANG LEBIH BAIK, TAPI MELIHAT KEBAWAH LEBIH PERLU AGAR KITA LEBIH PANDAI BERSYUKUR.

ASALLAMUALAIKUM WR. WB

SALAM MANIS DARI SAYA YANG DARI OROK SUDAH MANIS, BUAT KAMU-KAMU YANG GG TERLALU MANIS. hehhehe

Penulis : Ilham Lupus Saputra

0 komentar :

Posting Komentar